Review Mesin Jahit Portable : JANOME 3160 PG [ SPECIAL EDITION 100th ]

Kali ini aku coba untuk mereview mesin jahit portable yang sudah aku pakai selama kurang lebih satu bulan. JANOME 3160 PG.

Waktu yang cukup untuk menilai baik atau tidaknya performa mesin ini.

Jika kamu ingin membeli mesin jahit dan masih bingung mau beli mesin apa ? oke baca dulu sampai habis ya… Supaya kamu tidak salah membeli nanti…

Langsung aja ya…

JANOME 3160 PG

Kenapa aku tertarik untuk menulis artikel tentang mesin ini ? Yang pasti karena mesin ini termasuk salah satu mesin untuk merayakan ulang tahun Janome yang ke 100.

Tentang brand Janome, mungkin kamu sudah sering mendengarnya ya... tapi secara history jarang dibahas, kecuali kamu sudah fanatik dengan brand ini.

Oke, sekilas saja, 

Di Takinogawa, Tokyo, Jepang tahun 1921, Yosaku Ose mendirikan PINE Sewing Machine Factory.

Saat itu ia membuat mesin dengan tipe Model 53 (Pine 500). Dan berlanjut pada tahun-tahun setelahnya dengan membuat berbagai tipe mesin jahit.

Kata Janome sendiri berarti mata ular, merajuk pada bobbin yang digunakan mesin Model 30 (Pine 100) ditahun 1935 yang mirip dengan bentuk mata ular. Mereka memanggil mesin tsb dengan sebutan Janome.

Akhirnya ditahun 1954, perusahaan berubah nama menjadi Janome Sewing Machine Co. Ltd. dan terus berinovasi dan berkembang sampai saat ini.

Tahun ini menjadi tahun khusus untuk mereka. 100 tahun berdirinya Janome tidak hanya sebuah perayaan semata, namun mereka juga merilis beberapa mesin khusus untuk merayakannya.

Janome 3160 PG Kutuku by Wira

Salah satunya adalah Janome 3160 PG ini. Apa yang spesial ? nah itu yang ku cari….

Setelah mengutak-atik mesin ini, mencoba dan memakainya, ada beberapa fitur kunci yang harus ku bilang agak spesial, diantaranya : 

  • Hard Cover
Hal pertama setelah membuka kardus, yang paling menonjol adalah adanya hard cover untuk melindungi mesin jahit ini selama anda simpan.

Janome memberikan hard cover agar mesin anda tidak terkena benda atau debu atau hal lainnya yang bisa saja pelan-pelan merusak mesin anda. Pelindung yang tidak main-main.

Jika biasanya hanya mendapatkan cover dari kain, lebih soft-lah. Kali ini mereka membekalinya dengan sesuatu yang niat. Note ya....


  • Foot Preasure Adjustment
Awalnya aku kebingungan, ini untuk apa. Saat mencobanya jadi kagum. Ini adalah pengatur tekanan pada kaki mesin ke bahan. Jadi kamu bisa atur seberapa tekanan yang diperlukan saat menjahit.

Trus... asyiknya apa. Saat menjahit bahan tebal, seperti aku saat test menggunakan cousin dan canvas yang dilipat-lipat menjadi sangat tebal. Fitur ini menghadirkan kestabilan dalam menjahit bahan tsb.

Bahan atau kain yang segitu tebal ditekan dan akhirnya dijahit dengan mudah dan nyaman oleh si mesin ini. Itu fungsi utamanya. Walhasil jahitan untuk bahan tebal kamu jadi lebih kuat, dan stabil.

Powerfull banget...


  • Extention Table
Ada mesin lain gak yang memberikan extention table ? ada. Tapi apa yang spesial dari mesin Janome 3160 PG ini. 

Ukurannya.....

Extention table dengan ukuran yang besar atau luas, memungkinkan kamu menjahit dengan lebih nyaman, terutama jika kamu hobi quilting.

Untuk yang tidak hobi quilting bagaimana ? tetap bisa nyaman memakai meja tambahan yang luas ini. Area menjahit kamu jadi serasa tidak terbatas.


  • Automatic thread cutter
Fitur ini jadi salah satu fitur yang buat aku kepo banget. Bukannya apa-apa, baru kali ini aku pribadi nemu fitur ini di mesin jahit, terutama mesin jahit portable.

Biasanya ada cutter khusus berupa pisau yang dibungkus plastik pada bodi mesin, itu udah biasa ya. Jadi, saat menjahit, kamu lupa naruh gunting mu dimana, bisa pakai cutter yang ada di bodi itu. Secara manual kamu menggerakan benang ke sana, baru terputus.

Kali ini tidak begitu, kamu cukup menekan tombol cutting saja, dan benang akan terputus dari mesin. Semudah itu...

Awalnya ku anggap hanya pengganti dari manual, ke tombol. Saat memakai mesin, -- tidak hanya saat mengetes saja -- ternyata fitur ini sangat membantu dalam hal kerapihan dan kecepatan.

Dari sisi kerapihan, saat finishing dan bersih-bersih benang dipakaian yang kamu jahit, sudah berkurang banyak benang yang tergantung, terpotong secara presisi semua.

Dari sisi kecepatan, yang paling ku rasakan adalah saat membuat kancing dan lubang kancing, dimana kamu bisa langsung memotongnya tanpa harus menarik-narik pakaian ke cutter dan langsung ke lubang atau kancing selanjutnya.

Jadi, ini sangat membantu...


  • Start / Stop Button
Fitur selanjutnya yang ku highlight adalah tombol Start / Stop. Ada diposisi yang pas, dan memudahkan.

Sudah bukan barang baru memang, karena hampir semua mesin yang sudah computerized memiliki ini. Jadi kaki kamu bisa bebas kemana saja, gak nginjek-nginjek pedal lagi, gak pegel lagi.

Fitur ini yang buat aktifitas menjahit kamu tidak capek. Jadi lebih nyaman...

Apalagi kalau bisa sambil tiduran, trus nonton drama korea... ehh salah fokus, hehehe.


  • Speed control slider
Tombol geser-geser (slider) yang ada dimesin ini sebenarnya untuk membantu kamu ketika kamu menjahit tanpa pedal atau kaki, dan menggunakan tombol start / stop.

Fungsi utamanya adalah untuk mengatur kecepatan menjahit dari mesin. Kalau manual atau mekanikal, semakin diinjak dalam semakin kencang, jika ini cukup digeser sampai pada kecepatan yang kamu inginkan.

Ada 3 tingkatan kecepatan, rendah-sedang-tinggi. Dan kamu bisa mengaturnya sesuai dengan kebutuhan kamu.


Satu lagi....

BONUS AKSESORIS dari seri Janome 3160 PG yang paling menyita perhatian ku adalah...
 
Adanya 25 pcs bobin dengan warna yang amat sangat lucu, senada dengan warna mesinnya.

Jika biasanya hanya diberikan 3-4 bobin dengan warna plastik bening yang standar, dalam paket mesin ini diberikan sesuatu yang spesial. Dikemas dalam tempat untuk ke-25 bobin tsb dengan desain cukup menawan. Ini yang paling wow menurutku..

Untuk penjelasan lebih lengkap soal fitur, cek dibawah ini aja...

Mesin Jahit Portable Janome 3160 PG


FITUR MESIN JAHIT JANOME 3160 PG

Sebetulnya ada sangat banyak detail fitur dari mesin ini, yang penting-penting saja yang kesebutkan ya, diantaranya : 

  • 60 Jenis jahitan
  • Free Arm
  • One-hand needle threader
  • Snap-on presser feet
  • Bobbin atas (top loading ratory hook)
  • Drep Feed
  • Tombol Start / Stop
  • Tombol reverse (mundur) yang memudahkan
  • LCD Screen dengan navigasi yang mudah
  • Max Stitch width (lebar jahitan) : 7 mm
  • Max Stitch length (panjang jahitan) : 5 mm
  • Berat hanya 5,7 kg

Agar lebih jelas, aku berikan video bagaimana aku mengulas dan mengetes mesin ini :

 

[ Yang mau belajar jahit gratis, ada banyak tutorial jahit yang ku share di channel Youtube ku. Kamu bisa belajar disini ]

HARGA MESIN JAHIT PORTABLE JANOME 3160 PG

Setelah mengulas banyak hal dari mesin jahit ini, saatnya kita membahas dari segi harga.

Mesin jahit cantik dengan perayaan khusus ini punya harga yang lumayan, sekitar Rp 7 Juta-an. 

Aku gak ngerti pastinya karena harganya cukup fluktuatif atau naik turun, ada beberapa hal yang mempengaruhinya.

Cek aja langsung ke sini.

atau kamu bisa DM ke Instagram JANOME INDONESIA OFFICIAL.



Cukup melelahkan menulis harganya, tapi jika dilihat dari fitur, desain dan adanya momen, kalau menurut ku pribadi harga segini cukup oke-lah, worth-it.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Setelah cukup banyak cuap-cuapnya, baiklah, ini bagian yang bisa membuat kamu berpikir apakah mesin jahit portable ini cocok untuk kamu.


Kelebihan

  • Kualitas, performa dari mesin jahit Janome 3160 PG ini sangat memuaskan. Dari sisi jahitan pun kuat. Dinamo mesin ini cukup bandel terutama saat menjahit bahan tebal.

  • Pemakaian Mudah, untuk pemula, mesin ini cukup ramah. Banyak hal diberikan untuk memudahkan kamu belajar menjahit, dan untuk yang sudah pro, mesin ini memberikan sensasi tersendiri.

  • Fitur, dengan segudang fitur yang diberikan, membuat mesin ini jadi salah satu unggulan. ada fitur-fitur khusus yang bahkan saya tidak atau belum temui di mesin lain.

  • Branded, nama besar Janome sebagai produsen menjadi salah satu keunggulan untuk kamu, tidak hanya karena kualitas tapi juga karena prestise mereka di dunia mesin jahit dunia.

  • Special Accecories, dalam edisi ini, ada aksesoris khusus yang diberikan secara cuma-cuma, enak kan.

Kekurangan

  • Harga, buat aku pribadi, harga sekitar Rp 7Juta sudah terbilang cukup menguras dompet. Walaupun cukup terbayar dengan performa dan fitur mesin ini.

  • Tidak ada lagi,, selain harga, cukup sulit mencari celah dari mesin ini :D

KESIMPULAN

Jadi mesin ini cocoknya untuk siapa ??

Mesin jahit portable dengan segudang fitur dan desain yang cute banget ini, akan menghadirkan kepuasan tersendiri dalam aktifitas menjahit sehari-hari kamu.

Untuk kamu yang tidak ada masalah dengan budget, apakah kamu pemula atau mulai beranjak ke level menengah atau menjadi penjahit pro, mesin ini cocok untuk kamu.

Kemudahan yang bisa diperoleh oleh pemula, sangat memanjakan. Dan nama besar JANOME sebagai produsen mesin jahit terkemuka dari Jepang, bisa menambah prestige kamu sebagai seorang penjahit.

Buat kamu yang ingin sudah punya mesin jahit portable dan ingin upgrade karena mesin lama kamu sudah sampai batas maksimalnya, atau ingin fitur lebih, saya pribadi sangat menyarankan mesin ini.

Jika kamu sepertinya sudah cocok dengan semua atribut mesin ini, mulailah menabung, bersabar, jangan bobol kartu kredit kamu ya… hehehe. 

Dan jika sekarang dompet kamu sudah cukup untuk membelinya, bolehlah eksekusi.

Jika memang kamu agak keberatan dengan harganya, aku siapkan beberapa alternatif untuk kamu dibawah ini…

ALTERNATIF

Jika memang kamu tertarik tetapi ada sedikit yang mengganjal, oke… aku berikan kamu mesin jahit alternatif yang bisa kamu jadikan pilihan.

- JANOME 5100 QDC

Janome 5100 QDC


Masih dari brand yang sama, Janome, namun seri ini sedikit dibawah dari tipe 3160 PG. Punya kualitas yang hampir sama namun fitur yang disajikan memang tidak sebanyak Janome 3160 PG.

Desainnya simple, elegant dan menimbulkan kesan anggun. Dari pengalaman saya, mesin tidak 'kalah jauh' dari seri 3160 PG.

Harga mesin ini ada disekitar Rp 5 Jutaan, nah lebih ramah kan… dan kamu bisa tetap mendapatkan prestige dari nama besarnya.


- NISSIN 2720

Mesin Jahit Portable Nissin 2720


Jika kamu mengikuti channel youtube dan juga instagram ku, kamu tidak akan asing mendengar brand NISSIN. 

Okee… di kuping kamu akan kurang familiar, tapi brand yang katanya dari Jepang ini punya kinerja mesin ini cukup oke.

Sama-sama sudah menganut teknologi computerized, 200 tipe jahitan, dan sudah ada fitur tombol start/stop menjahit. Sama kan….

Harga mesin ini ada disekitar Rp 3 Jutaan, lebih ekonomis lagi.  

 

***

Silahkan memilih mana yang kamu suka, mana yang cocok untuk kebutuhan kamu dan juga budget kamu.

Ini saja yang bisa saya berikan, dan saya akan mencoba memberikan review mesin jahit portable lain dan mungkin juga mesin jahit industri atau mesin lainnya.

Dan jangan lupa…  happy sewing.

0 Comentarios